Minggu, 13 Maret 2016

TIPS BELAJAR NYETIR MOBIL

Bosen posting software mulu...
tiba2 inget seswatu yang menurut gue berguna buat sobat yang membutuhkan...
Oke kita langsung aja ke topik postingan kali ini...
  • pertama, sobat harus dalam keadaan emosi yg rilex, dan ngak dalam keadaan ngantuk pastinya
  • selanjutnya pastikan handle transmisi dalam posisi netral ( caranya, jika berada di posisi 1,3, atau 5, sobat cukup menarik kebelakang sampai berdetak sekali dengan menginjak pedal kopling yang terletak di bagian kaki sobat, liat gambar  
Namun jika handel berada pada posisi 2,4,atau R sobat cukup mendorong handle transmisi kedepan satu kali detak,(catatan : untuk memastikan mobil benar2 dalam keadaan netral,cukup menggerakkan handle kekiri atau kekanan dan jika handle dapat digerakkan kekiri atau kekanan, berarti mobil dalam keadaan netral, sebaliknya jika handle tidak bisa di gerakkan kekiri atau kekanan, brarti posisi handle dalam keadaan top atau reward, sangat mudah skali memastikan posisi handle dalam posisi 1,2,3,4,5, atau R. contoh: misalkan handle dalam posisi 1, handle ngak munkin dapat didorong kedepan, karna udah mentok, jadi tinggal tarik kebelakan satu kali detak
  • Sekarang masuk ke langkah berikutnya, Nyalakan mesin dengan memutar kunci searah jarum jam sampai mobil benar2 menyala...
  • selanjutnya injak pedal kopling dan tahan sambil menggerakkan posisi handle gigi atau transmisi ke posisi 1(caranya, cukup dengan dua langkah, pertama dorong kekiri trus dorong keatas lihat gambar    
  • Nah sekarang mobil siap jalan, namun sebelum itu kita harus melepas rem tangan terlebih dahulu, dan harus berbarengan dengan menginjak pedal rem kaki ( caranya : pada tahap ini sobat masih dalam keadaan menginjak pedal kopling trus rem tangan belum dilepas dan posisi handle transmisi pada posisi 1, okeee.. sekarang injak pedal rem kemudian lepas kopling sedikiiiit aja, kira2 1/8, dan lepaskan rem tangan, kemudian kopling yang tadinya di lepas 1/8, sekarang lepaskan sedikitlagi kira 1/4 kopling dan baru lepaskan injakan rem secara perlahan dan bertahap
  • dan mobilpun mulai berjalan pelan, dalam posisi ini mulai melepaskan rem secara penuh , dan kaki kananpun berpindah ke pedal gas,
  • mulailah membantu pelepasan kopling dengan menginjak gas sedikit aja, gunakan insting sobat..
  • pada posisi ini mobil sudah berjalan normal, tanpa loncat atau mesin masti saat melepas kopling...(pokoknya kayak profesional deh..hehehe)
  • selanjutnya stelah mobil berjalan kira-kira 5 sampai 8 meter langsung masuk ke gigi 2, atau posisi handle pada nomor2 ( caranya : Injak pedal kopling, secara penuh dan tarik handle transmisi ke belakang atau ke posisi 2, dengan 2 kali detak, tapi pastikan saat posisi handle benar2 pada posisi 2, jangan sampai pada posisi 4, soalnya kecepatannya blum mencukupi untuk masuk ke gigi 4..) biasanya seorang pemula sering pindah dari 1 langsung ke 4 dan hasilnya mesin mobil mati ditengah, karna ngak kuat....
  • selanjutnya kira2 pada kecepatan 20km/jam atau lebih dikit, pindahkan lagi handle gigi atau transmisi ke posisi 3 atau ke gigi 3... nah pada posisi ini, mobil sudah terasa sangat nyaman dalam kecepatan rendah ataupun untuk tanjakan yang ngak terlalu terjal...
  • seandainya ada pengurangan kecepatan tiba2, injak rem sedikit demi sedikit, dan saat mobil benar2 sudah pelan injak kopling, dan cukup berpindah ke gigi 2, kecuali habis lampu merah, harus diulang dari gigi 1 lagi, kalau cuma melewati polisi tidur, cukup gunakan gigi 2..( Catatan : pada posisi ini gunakan insting dalam melepas kopling, jangan langsung dilepas gitu aja, ntar bisa loncat, kadang lepas setengah, kadang penuh)
  • jika sobat memahami tulisan saya dari awal, berarti sekarang sobat sudah bisa nyetir dengan baik....
  • sekarang masuk ke tips saat di jalan...
  1. pertama, slalu perhatikan spion kanan dan kiri, 
  2. rilex, dalam menghadapi stiap situasi saat mengemudi...
  3. jangan selalu fokus lurus kedepan, karna bisa saja ada motor yang nyelip di kiri atau kanan...
  4. saat berbelok, jangan cuma mengandalkan lampu sein, tapi juga andalkan kaca spion. kalau perlu kepala juga ikut melihat kiri kanan..
  5. stir ngak boleh goyang, apalagi saat memindahkan gigi,,,(caranya : cukup menyentuh secara pelan stir nya...intinya, saat mobil mulai agak menepi atau agak ketengah, cukup di geser dikit aja, biar lurus lagi jalannya.

0 komentar: